Senin, 22 Oktober 2012

Distro Linux untuk Warnet IGOS

   
       Salam sejahtera sobat BLC Jepara,

      Sobat, mungkin saat ini sedikit terlambat apabila kita diskusi soal warnet terutama OS apa yang kira - kira free alias tidak bayar. Perkembangan Warnet sampai sekarang ini masih sangat tinggi apalagi di pinggiran kota-kota besar di Indonesia, akan tetapi berkurang untuk Kota-Kota besar. Hal ini dikarenakan ekspansi operator selular dengan Modem 3G dan EVDO. Untuk mendirikan sebuah warnet dengan 10 Client minimal harus mengantongi 20 Juta Rupiah itupun belum termasuk lisensi OS. Walaupun pada Umumnya Windows ada paket khusus lisensi untuk Warnet.

    Namun bagaimana jika sobat mencoba berwirausaha dengan warnet yang beda dengan yang lainnya dengan biaya yang tentu lebih murah, seperti membuat warnet IGOS ( Indonesia Go Open Source ). berbasis Linux. Jangan khawatir sobat, sekarang sudah ada distro linux khusus warnet, diantarannya :

1. Ubuntu
   Apapun versi Ubuntu yang sobat gunakan, sangat cocok digunakan untuk sehari - hari, apalagi saat ini Ubuntu telah mengalami beberapa kali upgrade sehingga saat ini sudah masuk ke versi 12.10 Alpha 1. Bisa dilihat disini . Untuk server maupun desktop sudah tersedia, dan untuk billing client salah satunya bisa kita pakai billing dari cafe con leche.

Desktop standar Ubuntu Alpha 1


2.  Zencafe
    Zencafe merupakan distro Linux turunan dari Zenwalk yang berorientasi ke  Slackware. Untuk tampilan desktop, Zencafe menggunakan desktop ringan XFCE. Selain menggunakan XFCE, Zencafe pasti mempunyai paket-paket yang dibutuhkan untuk warnet seperti:

    * Gbilling pengganti Billing Explorer
    * Ofris pengganti Deep Freeze

    Mungkin sobat khawatir apabila pelanggan tidak begitu mengerti dengan desktop bawaan Zencafe, ada solusi tema Windows untuk Zencafe. Sobat bisa download zencafe di situs resmi mereka disini.

Zencafe

3. Mandriva
    Linux Mandriva bisa jadi pilihan sobat,  baik untuk dipakai sebagai server maupun client. Selain tampilannya yang menarik dan cukup familiar khususnya untuk pengguna yang terbiasa dengan OS Windows, dukungan support hardware dan software serta banyaknya tutorial serta komunitas yang siap membantu adalah nilai plus yang wajib sobat pertimbangkan.

Linux Mandriva

     Untuk tampilan client, desktop KDE nya yang mudah dicustomize dan diganti themenya yang bisa sobat sedot dari sini . Sebagai contoh Mandriva 2008.1, desktopnya menggunakan KDE generasi 3, kalau dianalogikan meski mungkin kurang pas, tampilannya mirip XP. Untuk mandriva 2010.0 tampilan defaultnya menggunakan KDE generasi 4, dimana tampilannya glossy mirip Vista.

    Penampilan desktop di client ini perlu menjadi perhatian utama, Karena tampilan menentukan betah tidaknya si user nongkrong di warnet bukan? Jangan sampai si user terpaksa harus menghabiskan banyak waktu dan biaya hanya untuk mempelajari interface desktop di warnet Anda saja. Tentu Anda lebih suka user berlama – lama di Warnet Anda dengan hati gembira bukan, bukan berpusing ria? Untuk  macam – macam versi  Mandriva di sini.

     Untuk client sobat bisa menginstall Mandriva One Live CD (1 CD). Selain ukurannya yang kecil, aplikasi didalamnya juga sudah cukup untuk desktop client. Komputer server warnet, bisa sobat install dengan Mandriva Free (1 DVD). DVD dipilih karena isinya komplit selain paket desktop juga disertakan paket - paket untuk server. Bahkan saat sobat baru mulai menginstall sudah bisa langsung memilih paket aplikasi server apa saja yang ingin diinstall. Untuk warnet biasanya yang diinstall adalah server proxy (pakai aplikasi squid), dhcp server, samba /smb server, apache server (misal untuk aplikasi billing berbasis web).

    Apabila saat instalasi terlewatkan menginstall paket-paket server, Anda bisa menggunakan aplikasi drakwizard, yang akan membantu Anda mensetup server dengan simple dan cepat.

Caranya install dulu paket drakwizard:

1. buka konsole

2. ketik: su (masukkan password root)

3. # urpmi drakwizard

4. selesai instalasi jalankan: # drakwizard

5. tampilan seperti gambar dibawah ini. Pilih server yang akan Anda setup

mandriva-untuk-warnet.

drakwizard

     Untuk billing bisa menggunakan aplikasi BiOS. Panduan dan aplikasi bisa didownload free disini. Beberapa aplikasi mungkin tidak ada di DVD/CD instaler namun tersedia di repository internet. Panduan dasar memanfaatkan repository internet ini bisa sobat baca disini

    Sobat, sebenarnya banyak sekali turunan Linux yang bisa digunakan untuk client maupun server warnet. Dan semua kembali kepada sobat  Linux mana yang mau digunakan. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Amin.


0 komentar:

Posting Komentar