Senin, 21 November 2011

Materi pelatihan dasar Internet ( Basic)

Hallo sobat BLC........

     Selamat datang di blog kami, untuk kalian yang belum kenal dengan internet, sobat telah menemukan tempat yang tepat....... Broadband Learning Center Jepara, tempatnya pelatihan  internet gratis di kota Jepara....
    Sobat BLC yang tercinta, belajar di BLC Jepara saat ini bisa dilakukan secara online maupun offline, dengan kata lain..... Sobat BLC bisa mempelajari materi dari rumah atau tempat lain selama masih ada koneksi internet, dengan mengakses blc-jepara.blogspot.com tentunya. Atau sobat bisa datang langsung ke BLC Jepara yang berlokasi di Alun - alun Jepara. Sobat, materi pelatihan internet di BLC Jepara dibagi menjadi 3 bagian, yakni Dasar atau basic, menengah atau intermediate, serta lanjutan atau advance.
     Pada basic, materi yang diajarkan di BLC berupa pengenalan internet, sampai dengan pemanfaatan fasilitas E - Mail atau surat elektronik dan media facebook bagi yang berminat. Selain itu ada materi tambahan, yakni memanfaatkan penterjemah bahasa secara online.
    Sedangkan untuk materi pelatihan internet menengah, berupa pemanfaatan media blog, pengenalan menu - menu pada blog, serta upload gambar atau foto di blogspot dan juga mengganti tema latar blog sobat semua. Sobat BLC, untuk materi lanjutan adalah kostumisasi blog, menambah widget dan lain sebagainya, terutama untuk sobat yang mempunyai usaha atau bisnis dirumah, sobat bisa memanfaatkan media blog ini untuk jualan, selain media - media yang lain tentunya. Apabila ada permintaan untuk pembelajaran pembuatan proforma invoice atau invoice bagi yang mempunyai usaha mebel atau usaha yang lain di lingkungannyannya, BLC Jepara siap memfasilitasinya. Dan materi tambahan di BLC Jepara adalah tips untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke blog kita, sehingga blog kita akan diakses oleh masyarakat luas.
     Dan nantinya diharapkan apa yang kita pelajari di BLC Jepara bukan cuma formalitas belajar yang terkadang tidak ada arah yang akan kita capai, namun benar - benar membawa manfaat dan perubahan yang berarti bagi kehidupan sobat BLC yang tercinta khususnya di kota Jepara. Amin.



BAB I 
Pengenalan Internet


A. Sejarah Internet

   Cikal bakal jaringan Internet yang kita kenal saat ini pertama kali dikembangkan tahun 1969 oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat dengan nama ARPAnet ( US Defense Advanced Research Projects Agency ). ARPAnet dibangun dengan sasaran untuk membuat suatu jaringan komputer yang tersebar untuk menghindari pemusatan informasi di satu titik yang dipandang rawan untuk dihancurkan apabila terjadi peperangan.
Dengan cara ini diharapkan apabila satu bagian dari jaringan terputus, maka jalur yang melalui jaringan tersebut dapat secara otomatis dipindahkan ke saluran lainnya. Di awal 1980-an, ARPANET terpecah menjadi dua jaringan, yaitu ARPANET dan Milnet (sebuah jaringan militer), akan tetapi keduanya mempunyai hubungan sehingga komunikasi antar jaringan tetap dapat dilakukan.

     Sobat, pada mulanya jaringan interkoneksi ini disebut DARPA Internet, tapi lama-kelamaan disebut sebagai Internet saja. Sesudahnya, internet mulai digunakan untuk kepentingan akademis dengan menghubungkan beberapa perguruan tinggi, masing-masing UCLA, University of California at Santa Barbara, University of Utah, dan Stanford Research Institute. Ini disusul dengan dibukanya layanan Usenet dan Bitnet yang memungkinkan internet diakses melalui sarana computer pribadi (PC).

    Berikutnya, protokol standar TCP/IP mulai diperkenalkan pada tahun 1982, disusul dengan penggunaan sistem DNS ( Domain Name Service ) pada 1984. Di tahun 1986 lahir National Science Foundation Network (NSFNET), yang menghubungkan para periset di seluruh negeri dengan 5 buah pusat super komputer. Jaringan ini kemudian berkembang untuk menghubungkan berbagai jaringan akademis lainnya yang terdiri atas universitas dan konsorsium-konsorsium riset.

      NSFNET kemudian mulai menggantikan ARPANET sebagai jaringan riset utama di Amerika hingga pada bulan Maret 1990 ARPANET secara resmi dibubarkan. Pada saat NSFNET dibangun, berbagai jaringan internasional didirikan dan dihubungkan ke NSFNET. Australia, negara-negara Skandinavia, Inggris, Perancis, jerman, Kanada dan Jepang segera bergabung kedalam jaringan ini.

      Pada awalnya, internet hanya menawarkan layanan berbasis teks, meliputi remote access , email/messaging , maupun diskusi melalui newsgroup (Usenet). Layanan berbasis grafis seperti World Wide Web (WWW) saat itu masih belum ada. Yang ada hanyalah layanan yang disebut Gopher yang dalam beberapa hal mirip seperti web yang kita kenal saat ini, kecuali sistem kerjanya yang masih berbasis teks.

      Kemajuan berarti dicapai pada tahun 1990 ketika World Wide Web mulai dikembangkan oleh CERN (Laboratorium Fisika Partikel di Swiss) berdasarkan proposal yang dibuat oleh Tim Berners-Lee. Namun demikian, WWW browser yang pertama baru lahir dua tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1992 dengan nama Viola. Viola diluncurkan oleh Pei Wei dan didistribusikan bersama CERN WWW. Tentu saja web browser yang pertama ini masih sangat sederhana, tidak secanggih browser modern yang kita gunakan saat ini. Terobosan berarti lainnya terjadi pada 1993 ketika InterNIC didirikan untuk menjalankan layanan pendaftaran domain.

      Bersamaan dengan itu, Gedung Putih ( White House ) mulaionline di Internet dan pemerintah Amerika Serikat meloloskan National Information Infrastructure Act . Penggunaan internet secara komersial dimulai pada 1994 dipelopori oleh perusahaan Pizza Hut, dan Internet Banking pertama kali diaplikasikan oleh First Virtual. Setahun kemudian, Compuserve, America Online, dan Prodigy mulai memberikan layanan akses ke Internet bagi masyarakat umum. Sementara itu, kita di Indonesia baru bisa menikmati layanan Internet komersial pada sekitar tahun 1994. Sebelumnya, beberapa perguruan tinggi seperti Universitas Indonesia telah terlebih dahulu tersambung dengan jaringan internet melalui gateway yang menghubungkan universitas dengan network di luar negeri.
     Nah sobat, internet sendiri mempunyai definisi yang sangat luas, tiap ahli mempunyai pendapat sendiri  - sendiri, namun secara garis besar internet sendiri berarti inter-network, atau jaringan komputer luas yang menghubungkan pemakai komputer satu dengan komputer lainnya dan dapat berhubungan dengan komputer dari suatu negara ke negara lainnya diseluruh dunia, dimana didalamnya terdapat berbargai macam informasi melalui fasilitas layanan internet browsing atau surfing, serta searching.
    
Apa Itu Internet? Internet "Inter-Network" merupakan sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan komputer-komputer lain yang saling berhubungan dengan mengunakan kabel atau tanpa kabel Internet menyediakan akses untuk layanan telekomnunikasi dan sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar di seluruh dunia.

Layanan internet
meliputi  :
  • komunikasi langsung  : email, chat
  • diskusi  : Usenet News, email, milis, 
  • sumber daya informasi yang terdistribusi  : World Wide Web, Gopher, 
  • remote login dan lalu lintas file  : Telnet, FTP, dan masih banyak  layanan lainnya.

     Jaringan yang membentuk internet bekerja berdasarkan suatu protokol standar yang digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dan Mengalamatkan komputer yang terkoneksi pada lalu lintas dalam jaringan. Protokol ini mengatur format data yang diijinkan, penanganan kesalahan ( error handling ), lalu lintas pesan, dan standar komunikasi lainnya. Protokol standar pada internet dikenal sebagai TCP/IP ( Transmission Control Protocol/Internet Protocol ). Protokol ini memiliki kemampuan untuk bekerja diatas segala jenis komputer, tanpa terpengaruh oleh perbedaan perangkat keras maupun sistem operasi yang digunakan.

     Sebuah sistem komputer yang terhubung secara langsung ke jaringan memiliki nama domain dan alamat IP ( Internet Protocol ) dalam bentuk numerik dengan format tertentu sebagai pengenal. Internet juga memiliki gateway ke jaringan dan layanan yang berbasis protokol lainnya.

     Internet sendiri merupakan gabungan dari jaringan-jaringan regional seperti SuraNet, PrepNet, NearNet, AARNET, yang saling dikoneksikan bersama sebagai satu kesatuan dengan menggunakan TCP/IP Protocol. Seluruh aktifitas dilaksanakan secara real time.

     Jaringan-jaringan komputer tersebut saling berkomunikasi melalui gateway, atau terkadang disebut dengan router. Jaringan kecil yang terhubung tersebut lazim disebut dengan subnetwork. Sebagian besar dari jaringan tersebut berbicara dengan protocol TCP/IP.
   
a. E Mail

    Sobat, ada yang pernah mendengar E Mail khan..... ini merupakan fasilitas yang digunakan untuk berkirim surat dengan orang lain, tanpa mengenal batas waktu, ruang dan bahkan birokrasi. 

b. Searching

   Sedangkan makna dari searching sendiri yakni kegiatan mencari data atau informasi tertentu di internet. Browsing atau surfing bisa diartikan kegiatan membuka halaman internet dengan menggunakan browser seperti mozilla firefox, google chrome, internet explorer, dan lain sebagainya. Jadi saat kita membuka browser tersebut dan kita ketikkan alamat web seperti google.com atau halaman web lain, hal sudah termasuk dalam browsing atau surfing.
   Pada search engine ini berisi jutaan hingga miliaran alamat - alamat situs dan informasi yang ada di dunia maya atau internet ini. Cara menggunakan search engine adalah dengan mengetikkan kata kunci (keyword) yang hendak dicari dan setelah itu akan ditampilkan sejumlah link yang akan mengarahkan kita kepada situs atau informasi yang ada relevansinya dengan keyword yang kita masukkan tadi.

Contoh search engine populer :

1) www.google.com
    Selain pencarian web, google juga menyediakan jasa pencarian gambar, juga ada fasilitas terjemahan bahasa. Namun untuk pencarian video, kita bisa menggunakan youtube.com, dan juga situs sejenis yang lain. Keunggulan google terutama adalah pada pencarian teks, terutama dengan menggunakan algoritma PageRank, database yang besar serta banyaknya jenis file yang diindeksnya. 

2) www.yahoo.com
    Adalah salah satu portal terbesar di internet, selain MSN, danjuga salah satu mesin pencari tertua. Yahoo sendiri juga menggunakan jasa google untuk mencari informasi di web, ditambah dengan informasi dari databasenya sendiri.
 
3)search.msn.com
   Mesin pencari dari microsoft network ini menwarkan pencarian baik dengan kata kunci maupun direktori. Pemakai internet explorer kemungkinan besar sudah pernah menggunakan mesin pencari ini. Situs searchenginewatch mencatat MSN sebagai mesin pencari kegita populer setelah google dan yahoo.
 
4)ask.com
  Merupakan kata lain askjeeves, disini pengguna bisa menggunakan kalimat lengkap, bukan kata kunci, yang berguna untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan kita. Misalnya When did world war II end ?


5)Lycos.com
   Salah satu mesin pencari tertua. Saat ini lycos lebih dikenal sebagai portal, sehingga fungsi pencarinya tidak terlalu menonjol. Lycos, selain mendukung pencarian web, juga menyediakan pencarian file MP3, dan video pada http://multimedia.lycos.com.

c. Chatting

    Sobat BLC, ada yang pernah mendengar istilah chatting khan ?? beberapa tahun yang lalu kegiatan chatting pernah booming dengan menggunakan mIRC. Chatting sendiri memiliki definisi kegiatan berkomunikasi secara langsung dengan orang lain di internet. Pada umumnya fasilitas ini sering digunakan untuk bercakap - cakap atau ngobrol di internet yang mana dengan fasilitas ini kita juga bisa mengambil, memformat, serta menampilkan informasi teks, audio, grafik, juga video.

d. Mailing list

    Sobat, mailing list merupakan fasilitas di internet yang bisa kita gunakan untuk berdiskusi secara elektronik dengan menggunakan E - mail. Sobat bisa bertukar informasi, pendapat, dan lain sebagainya.

e. Download dan upload

    Download dan upload merupakan hal yang sering kita lakukan di dunia maya, mengunduh video, lagu foto, atau menggugah foto ke facebook kita kenal dengan istilah upload. Sehingga makna dari download yakni proses mengambil file ( bisa berupa video, lagu, dst) dari website atau komputer lain melalui internet untuk kemudian kita simpan pada komputer kita. Sedangkan Upload adalah proses meletakkan file komputer kita ke komputer orang lain atau website dengan memanfaatkan internet.

B. Bagaimana cara kerja internet ?

     Sobat BLC, cara kerja Internet yang praktis dalam waktu singkat dapat mengirim data dalam berbagai format audio dan visual dengan harga pengiriman data yang tergolong sangat murah dibanding dengan media pengiriman data yang lain, membuat perkembanganya cukup pesat akhir-akhir ini. Internet secara umum memang telah dikenal luas oleh masyarakat, namun bagaimana sebenarnya cara kerja jaringan Internet itu dalam hal mengirim dan mentransfer data dalam waktu yang singkat? 

   Berikut adalah penjelasan sederhananya:

   Sebuah komputer pengguna (client Computer) yang hendak dihubungkan ke jaringan Internet, pada awalnya harus terhubung kesebuah Server. Dengan adanya sebuah server yang mengatur akses dan mengirimkan data-data dari dan kedalam internet yang diminta oleh beberapa client server, sehingga komputer client dapat mengakses website, chating, email, dan lain sebagainya.

    Penghubung antara Server dan Client Komputer untuk menterjemahkan beragam bahasa komputer disebut Protokol. Jika anda mengakses sebuah alamat misalnya http:// yang artinya adalah hyper text transfer protocol dan itu tandanya anda telah terhubung dengan jaringan komputer.

   Kemudian untuk mengenal masing-masing jutaan Client Komputer di dunia internet, maka masing-masing komputer memiliki alamat Internet Protocol (IP) masing-masing. Alamat IP atau yang sering juga disebut IP Address akan memberikan informasi dari paket mana berasal dan akan ditujukan ke mana sebuah data.

    Selain IP Address juga ada perangkat yang paling populer di dunia Internet, yaitu Web Browser. Agar Clinet Komputer yang anda gunakan dapat melihat informasi yang dikirim dari server, maka dibutuhkan perangkat internet Browser. Internet Browser yang paling terkenal sejauh ini adalah Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera dan lain sebagainya.

C. Jenis koneksi internet

   
  Koneksi internet yang digunakan oleh setiap pengguna tentunya berbeda-beda, sesuai kelebihan dan kekuranganya masing-masing. Kalau kita kelompokan, koneksi internet yang digunakan terdiri dari dua jenis, yaitu koneksi internet dengan menggunakan kabel dan nirkabel ( wireless ).lebih jelasnya anda bisa membaca tentang pengertian internet.

Koneksi Internet Kabel

    Koneksi internet kabel adalah jenis koneksi yang memanfaatkan media kabel sebagai penghantarnya. Koneksi ini juga beragam, baik dari segi biaya maupun kecepatanya. Berikut ini beberapa jenis koneksi internet yang menggunakan media kabel.

Dial-up

    Merupakan koneksi internet yang memanfaatkan jalur telpon (telpon rumah), dengan cara menghubungi nomopr telpon khusus agar bisa digunakan untuk berintenetan. Koneksi dial-up memang jauh lebih lambat dibandingkan dengan koneksi internet lainya., kecepatan maksimum yang didapat hanya sekitar 56 Kbps, kecepatan tersebut bahkan bisa lebih parah pada kondisi tertentu, seperti pada siang hari dimana traffic pengguna telpon sedang meningkat, selain itu, biaya koneksinya juga masih relative mahal.

ADSL

   ADSL ( Asymmetric Digital Subscriber Line ) merupakan koneksi internet broadband yang cepat dibandingkan dengan koneksi dial-up,GPRS,Atau CDMA, ADSL/DSL Memiliki kecepatan transfer besar karena menggunakan jalur pita yang lebar. Teknologi ADSL Memberikan kecepatan transfer data yang berbeda antara proses pengiriman data ( upload ) dan penerimaan data ( download ),untuk meningkatkan keduanya maka digunakan istilah Asymmetric untuk teknologi ini ADSL Mampu mengirimkan data yang besar,yaitu sekitar 1,5 Mbps sampai 8 Mbps untuk downstream (dari sentral ke pelanggan) dan 16 Mbps sampai 640 Kbps untuk arah upstream (dari pelanggan ke sentral).

    Internet kabel sebenarnya pada awalnya ditujukan untuk konsumen yang membutuhkan tayangan televise luar negeri yang berkualitas tetapi karena kebutuhan internet juga banyak, maka layanan ini juga menyediakan akses internet. Teknologi ini bekerja dengan memindahkan sinyal-sinyal radio yang biasa di- broadcast di udara menjadi berbentuk sinyal-sinyal yang dapat dilewatkan didalam bungkusan kabel coaxial.

Koneksi Internet Nirkabel (wireless)

  Wireless adalah teknologi tanpa kabel, dalam hal ini adalah melakukan hubungan telekomunikasi dengan menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai pengganti kabel. Saat ini teknologi wireless berkembang dengan pesat, secara kasat mata dapat dilihat dengan semakin banyaknya pemakaian telepon sellular, selain itu berkembang pula teknologi wireless yang digunakan untuk akses internet.

   Wireless LAN menggunakan gelombang elektromagetik (radio dan infra merah) untuk melakukan komunikasi data menyalurkan data dari satu point ke point yang lain tanpa melalui fasilitas fisik. Koneksi ini menggunakan frekuensi tertentu untuk menyalurkan data tersebut, kebanyakan Wireless LAN menggunakan frekuensi 2,4 GHz. Frekuensi inilah yang disebut dengan Industrial, Scientific and Medical Band atau sering disebut ISM Band, seperti telah dijelaskan di atas.

    Dalam beberapa produk peralatan ini menggunakan PCMCIA Card dengan kemampuan 11 mbps. Sering terjadi kesalahpahaman di sini. Yang dimaksud dengan 11 mbps di sini adalah kemampuan maksimal Card tersebut untuk melakukan suatu transmisi, bisa dikatakan jumlah maksimal upstream dan downstream alat tersebut. Kemampuan ini tidak selalu dapat berjalan seperti yang disebut 11 mbps tadi, kalau kita hitung paling tidak akan terjadi loss sekitar 50%, jadi alat tersebut mampu mentransmit data 5,5 mbps. Ini bisa dilakukan bila kita menggunakan point-to-point, artinya di kedua sisi menggunakan peralatan yang sama.

   Bila sudah melakukan point-to-multipoint, akan terjadi pengurangan yang cukup signifikan, Multipoint disini dapat dianalogikan dengan hub, jadi semakin banyak yang tersambung dengan multipoint tersebut maka akan terjadi penurunan kemampuan transmit data. Dalam suatu alat Multipoint yang menggunakan Wireless LAN 11 mbps atau kadang-kadang disebut Access Point, dapat menampung lebih kurang 32 pengguna perseorangan, tetapi bila yang tersambung adalah suatu jaringan LAN pula, maka akan terjadi penurunan kemampuan paling tidak setengahnya, jadi maksimal suatu Base Transceiver System (BTS) adalah menerima 16 pengguna dari LAN. Kemampuan ini pun dapat menurun apabila di BTS dilakukan pen'cekek'an bandwidth seperti 128 kbps, maka kemampuan penyaluran data dari BTS itu pun akan berkurang pula.
 

BAB II
Memanfaatkan E - Mail

    Sobat BLC yang budiman, E - mail atau electronic mail ( surat elektronik ) merupakan salah satu layanan di internet yang digunakan untuk mengirimkan pesan kepada teman, keluarga, organisasi, komunitas, perusahaan, dan lain sebagainya. Tidak hanya teks, pada email ini sobat bisa juga berkirim file dokumen seperti musik, video, program gambar dan lain sebagainya. Selain dapat mengirimkan pesan secara cepat dan mudah, email juga memiliki kelebihan yakni dapat mengirimkan pesan kelebih dari satu orang sekaligus dan dalam waktu yang bersamaan.
   Email sendiri dapat dianalogikan seperti mengirimkan surat melalui pos, dimana pengirim menuliskan alamat yang dituju , selanjutnya kantor pos menyampaikan surat tersebut kepada penerima. Apabila surat yang kita kirimkan tersebut tidak sampai ke penerima, hal ini bisa dikarenakan penulisan alamat E mail kita kurang lengkap, bisa juga email kita berisi spam atau virus.  Apabila surat tersebut tidak terkirim biasanya ada pemberitahuan yang masuk ke inbox atau kotak surat kita.
    Dari konsep ini, kita semakin paham bahwa untuk mengirimkan pesan melalui Email dibutuhkan identitas alamat, dan ini harus dimiliki oleh pengirim dan juga penerima email.
    Seperti berkirim surat pada umumnya, sobat BLC juga perlu mengetahui bahwa ada etika juga dalam mengirim email kepada orang lain, diantaranya:
- Bahasa tulisan. Dalam artian kepada siapa email sobat kirim, teman atau relasi,  perlukah memakai bahasa formal ?
- Hindari spam, yakni pengiriman email secara berulang - ulang yang berisi informasi yang tidak penting.
-  Hindari CAPSLOCK atau huruf besar semua, karena kurang sopan.
-  Cek ejaan pesan sebelum dikirim.
-  Pakai tanda seru dengan bijak, apabila memang diperlukan cukup sekali, tidak berulang kali.
-  Gunakan format teks seperlunya, tanpa variasi html ( latar belakang, animasi) yang berlebihan.
- Menulis email cukup singkat, langsung ke pokoknya dan tidak perlu bertele - tele seperti cerpen dan jangan terlalu singkat seperti sms.

   Beberapa penyedia layanan email gratis populer antara lain
-  Google ( Gmail ) - http://www.gmail.com
-  Yahoo - http://www.mail.com atau mail.yahoo.co.id

1. Membuat Akun email di google.
    Sobat bisa langsung meluncur ke alamat http://www.gmail.com
    Setelah masuk ke halaman utama, kemudian sobat bisa langsung klik create an account atau buat alamat baru atau juga sign up.
Di halaman selanjutnya Anda diberikan sebuah form isisan yang harus Anda isi sesuai identitas diri Anda.
Diantaranya:
A. Nama Depan : Isi dengan nama depan Anda. Misalnya: Abdul
B. Nama Belakang : Isi dengan nama belakang Anda. Misalnya: Cholik
C. Nama Login yang diiinginkan : Isi sesuai keinginan Anda. Nantinya nama login ini yang akan digunakan sebagai alamat email Anda, yang selanjutnya juga akan dijadikan alamat email Anda Tekan tombol “Cek Ketersediaan” untuk mengetahui Nama Login yang Anda pakai sudah digunakan orang lain atau belum. Jika sudah ada, gunakan nama yang lain.
D. Buat Sandi : Isikan dengan Kata Sandi atau Password sesuai yang Anda inginkan, dan isikan lagi di kotak “Masukkan Kembali Sandi”. Perlu diingat Nama Login dan Sandi (Password) harus Anda hafalkan. Sedangkan “Pertanyaan Rahasia” Anda pilih sendiri dan ketikkan jawabannya.
E. Kotak Centang “Ingat saya di komputer ini” Anda lewatkan tidak apa-apa.
F. Lokasi : pilih Indonesia
G. Verifikasi Kata : Isikan kombinasi alfabet yang ada pada kotak isian di bawahnya. Ingat jangan sampai salah.
H. Setelah Anda baca Persaratan Layanan dan Anda tidak keberatan dengan peraturannya, klik tombol “Saya menerima. Buat Akunku” yang ada di bagian bawah halaman.


     Jika semua isian Anda sesuai, maka akun Anda sudah aktif. Dan akan tampak halaman baru seperti dibawah ini. Langsung Anda klik link “Saya siap – tampilkan account saya!”
    

          Selamat sobat.......alamat emailmu sudah jadi, dan siap digunakan.......


2. Membuat akun email di Yahoo












     Nah sampai disini alamat Email sobat BLC di yahoo sudah jadi dan siap digunakan.



BAB III
Media Jejaring Sosial "Facebook"
    Sobat BLC Jepara yang tercinta, secara ringkas  Facebook (atau facebook) adalah sebuah layanan jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan pada Februari 2004 yang dioperasikan dan dimiliki oleh Facebook, Inc. Pada Januari 2011 , Facebook memiliki lebih dari 600 juta pengguna aktif. Pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna yang memiliki tujuan tertentu, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah, perguruan tinggi, atau karakteristik lainnya. Nama layanan ini berasal dari nama buku yang diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh administrasi universitas di AS dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook memungkinkan setiap orang berusia minimal 13 tahun menjadi pengguna terdaftar di situs ini.
Pengguna dapat membuat profil dilengkapi foto, daftar ketertarikan pribadi, informasi kontak, dan informasi pribadi lain. Pengguna dapat berkomunikasi dengan teman dan pengguna lain melalui pesan pribadi atau umum dan fitur obrolan. Mereka juga dapat membuat dan bergabung dengan grup ketertarikan dan "halaman kesukaan" (dulu disebut "halaman penggemar" hingga 19 April 2010), beberapa di antaranya diurus oleh banyak organisasi dengan maksud beriklan.
Untuk mencegah keluhan tentang privasi, Facebook mengizinkan pengguna mengatur privasi mereka dan memilih siapa saja yang dapat melihat bagian-bagian tertentu dari profil mereka. Situs web ini gratis untuk pengguna dan mengambil keuntungan melalui iklan seperti iklan spanduk. Facebook membutuhkan nama pengguna dan foto profil (jika ada) agar dapat diakses oleh setiap orang. Pengguna dapat mengontrol siapa saja yang dapat melihat informasi yang mereka bagikan, juga menemukannya melalui pencarian dengan memanfaatkan pengaturan privasi.
(Dikutip dari http://id.wikipedia.org/wiki/Facebook)

Nah langsung saja ya sobat, silahkan membuka mozilla atau aplikasi browser internet yang lain dan ketikkan facebook.com, kemudian akan muncul halaman seperti dibawah ini.

Nah sobat silahkan diisi formnya ya...... mulai nama depan, sampai dengan tanggal lahir. Setelah diisi kemudian sobat tinggal klik “mendaftar”.



Selanjutnya akan dibawa ke halaman yang mengharuskan kita mengisi kode captcha. Isi kotak yang tersedia dengan angka/huruf yang ada dalam gambar kemudian klik tombol mendaftar. Isikan yang benar, karena kalau salah akan kita akan menulis ulang lagi.

Jika sudah benar, maka sobat akan dibawa ke halaman baru yang mempunyai tampilan seperti pada gambar di bawah.
- Pada langkah 1 cukup kamu lewati saja dengan cara klik tombol lewati langkah ini
panduan gambar cara membuat facebook


- Pada langkah 2, akan ada isian mengenai nama sekolah, perguruan tinggi, perusahaan. Jika kamu tidak ingin mengisinya tidak apa-apa. Langsung klik saja pada tombol lewati
cara membuat facebook atau fesbuk
- Pada langkah 3 akan ada pilihan untuk mengupload/mengunggah photo. Tapi, langkah ini bisa dilakukan belakangan, jadi tekan saja tombol simpan dan lanjutkan.
bikin fesbuk dan cara membuat facebook
Dilanjutkan ke halaman baru seperti pada gambar di bawah,
cara membuat facebook baru

Tekan pada tombol “buka email anda”. Maka selanjutnya akan dibawa ke dalam akun email kita. Cek dalam kotak masuk (inbox). Pasti ada pesan dari facebook dengan judul “Just one more step to get started on Facebook”. Bukalah dan temukan link konfirmasi seperti pada gambar di bawah.
cara membuat facebook mudah
      Klik link tersebut agar bisa mulai menggunakan akun facebook baru milik kita. Menambah foto, teman, update status, dll.
Pergunakanlah secara layak untuk menyambung silaturahmi dengan teman, mencari teman baru, mengupload foto, video, dll. Juga bisa memainkan banyak feature hiburan seperti Texas Hold’em Poker, graffiti dan online facebook games lainnya.
     Btw, jangan sampai akun kalian jatuh ke tangan orang lain yang tidak diinginkan. Tipsnya, jangan lupa untuk selalu log out setiap habis mengaksesnya dari warnet dan jangan pernah mengasih tahu password akun facebook kalian kepada siapapun.
    Okey, sobat sekian dulu panduan sederhana cara membuat facebook, semoga bisa bermanfaat bagi sahabat yang lagi membutuhkan.



BAB IV
Memanfaatkan situs penterjemah online


     Sobat BLC Jepara yang tercinta, belajar bahasa asing sudah menjadi keharusan bagi kita apabila ingin maju, bahkan ada yang mengatakan kalau bahasa Inggris saja saat ini tidaklah cukup. Jadi, tidak ada salahnya kita memanfaatkan kemampuan berpikir otak kita yang luar biasa ini untuk secara aktif mempelajari bahasa asing.
    Sobat, ada berbagai macam cara untuk belajar bahasa, diantaranya mengikuti kursus yang diselenggarakan oleh lembaga bimbingan belajar, membeli buku yang berisi kosakata ataupun kamus, dan bisa juga belajar bahasa secara online lewat youtube, dan juga memanfaatkan penterjemah bahasa online di google.
   Langsung saja ya sobat, seperti biasa bukalah browser favorit kalian dan ketiklah google.com, dan pada menu dibagian atas silahkan dipilih terjemahan kira - kira tampilannya seperti dibawah ini,
  Nah sobat pada menu diatas silahkan sobat pilih saja bahasa asing yang mau dipelajari, ada 53 bahasa asing yang bisa diterjemahkan ke bahasa Indonesia, sebaliknya bahasa Indonesia bisa diterjemahkan ke 64 bahasa asing dunia. 
  Pada waktu mendatang sangat dimungkinkan jumlah bahasa akan semakin bertambah sehingga kemampuan bahasa asing kita semakin meningkat. Memang untuk beberapa kata dalam bahasa asing ada yang belum terindeks, namun secara keseluruhan situs ini cukup membantu kita dalam belajar bahasa asing.
  Sebagai contoh silahkan sobat pada menu sebelah kiri pilihlah bahasa Indonesia, dan sebelah kanan pilihlah bahasa korea, kemudian pada kolom ketiklah "Aku senang belajar bahasa asing" atau kalimat lain terserah sobat dech.....kemudian klik terjemahkan, nah akan muncul tulisan seperti dibawah ini,
Nah bingung khan bacanya........ jangan khawatir sobat, pada bagian kanan bawah silahkan diklik saja tanda "A" yang berarti baca secara fonetik......jadinya seperti dibawah ini,


    Sobat BLC Jepara, semoga materi dasar dari kami membawa manfaat untuk sobat semua, jangan lupa yachh......... komentarnya dan masukan untuk materi kami ini..... sehingga untuk materi selanjutnya semakin mudah dipelajari.... terima kasih sobat telah membaca artikel dari BLC Jepara.


0 komentar:

Posting Komentar