Jumat, 09 Maret 2012

6 Langkah Dasar Memulai Bisnis Online


6 Langkah Dasar Memulai Bisnis Online


 Sobat BLC Jepara dimanapun berada, Bisnis online atau internet marketing mulai marak di Indonesia, baik itu untuk pasar lokal untuk menjual produk sendiri atau pun untuk pasar luar negeri yang memasarkan produk afiliasi dll. Ada banyak jenis peluang untuk mendapatkan income dari internet berikut variasi nya, begitu pun cara mempromosikan nya.
Mungkin, karena keterbatasan atau sepotong-sepotong informasi yg didapat, tidak sedikit para pelaku bisnis atau usaha hanya melakukan promo melalui social media populer seperti facebook atau twitter. Sebenarnya sah-sah saja hal itu dilakukan, untuk menambah potensi hasil pendapatan yang lebih besar lagi, sebaiknya menyiapkan website untuk produk, jasa atau barang dagangan nya, bisa juga dalam bentuk toko online, dengan format blog saja itupun itu sudah cukup.

Kenapa harus membuat website untuk bisnis online?

    Banyak sekali manfaat yang bisa didapat, secara umum diantaranya dapat meningkatkan rasa kepercayaan calon konsumen, hal ini penting mengingat transaksi online rentan sama isu ini. Alasan selanjutnya, dengan website kita dapat menjaring calon konsumen lebih banyak lagi dikemudian hari melalui halaman search engine seperti google atau yahoo, dan tetap bisa promo melalui social media dengan jangkauan konsumen yg lebih besar lagi.
   Sobat BLC tercinta,menurut pendapat saya pribadi, sejujurnya, membangun bisnis online itu tidak mudah apalagi buat pemula, tapi bisa dipelajari oleh siapapun kok. Yang tidak mudah itu konsistensi tekad kita sendiri dalam proses membangun bisnis online khususnya website untuk produk atau jasa kita.
Jangankan untuk pemula, terkadang yang sudah bisa pun menemukan kendala dari tiap-tiap langkah dibawah ini. Dan menurut hemat saya, lakukan langkah tersebut sesuai urutannya karena saling berkaitan erat, pelajari..kuasai..dan lakukan tiap langkahnya. 

Berikut 6 langkah dasar menyiapkan website untuk bisnis online anda

1. Riset Kata Kunci

kata kunci pelatihan internet gratis di Jepara

   Istilahnya bisa macam-macam diluar sana; Riset Keyword, Riset Pasar atau Keyword Research, Market Research
Tips: jika keyword produk atau jasa anda tidak banyak pencarinya di google, gunakan keyword lain yang masih ada hubungannya sama produk atau jasa anda.
Contoh: anda berjualan produk kosmetik atau punya toko kosmetik dengan nama “Bibir Merah”, tapi setelah riset ternyata yang mencari di google dengan kata kunci itu sedikit atau saingannya terlalu banyak, kita bisa gunakan keyword lain seperti Kulit Wajah, Lipstick Murah, Kecantikan Alami dll. Yang penting pencari nya banyak dan pesaing keyword nya sedikit.

    Seiring berkembangnya teknologi program, diluar sana banyak sekali software yg menawarkan kemudahan untuk riset keyword seperti Micro Niche Finder, Market Samurai dll. Tapi bagi pemula, mungkin harga yang harus dibayar untuk membeli software tersebut agak memberatkan, belum lagi belajar cara penggunaannya untuk meriset lebih dalam lagi dari keyword yang akan ditarget tersebut.
    Berikut ini salah satu software terbaru yang  cocok sekali buat pemula, walaupun tidak tertutup kemungkinan buat yg sudah master sekalipun menggunakannya, karena software ini cukup efisien dan efektif dalam meriset keyword, bahkan sekaligus menginformasikan kompetitor dari keyword tersebut layak atau tidak kita gunakan untuk website kita.
   Nama sofware nya Stealth Keyword Competition Analyzer (SKCA), harganya $27 saat tulisan ini dibuat dan harga akan terus naik setiap jumlah pembelian tertentu, kalau bisa buruan ambil sebelum makin mahal..:P
tampilan Stealth Keyword Competition Analyzer

Cara pakai atau cara riset keyword dengan software SKCA ini, bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Akan lebih baik jika anda punya account google adwords, supaya bisa dapetin list keyword sebanyak mungkin dari google keyword tool. Buat yg belum punya account, daftar aja disini http://adwords.google.com (sori, sy gak jelasin cara daftarnya disini, bisa googling aja infonya)
    Tidak pakai daftar juga bisa disini https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal , tapi hasil keyword nya terbatas hanya sampai 100 keyword saja.
  2. Kalau langkah diatas sudah, anda login ke google adwords, dan pilih menu Keyword Tool

 - Lalu ketikan keyword yang ingin anda riset.
- Klik tanda + Advanced Options and Filters, pilih untuk lokasi dan bahasa apa dari target keyword anda itu. Kalau keyword bahasa Indonesia, jangan lupa ganti lokasi dan bahasanya Indonesia juga ya..
- Masukan Filter keywords dengan kondisi Competition yang Low, dan klik Add another lalu pilih Global Monthly Searches => 500 pencari
- Pilih Match Types nya yang [Exact]
- Lalu klik tombol Search

Lihat gambar contoh dibawah ini,

Jika hasilnya sudah keluar, pilih informasi kolom yg akan ditampilkan seperti ini. Dan anda bisa sort datanya dengan klik judul kolomnya.



Download hasil generate keyword diatas ke format CSV file.



Setelah selesai langkah diatas, saatnya diriset dengan software SKCA

Jalankan SKCA, dan klik browse untuk pilih file CSV tadi, lalu klik Open.

Jika list keyword nya sudah muncul, anda tinggal klik Start untuk memulai programnya bekerja.

   Anda bisa lihat hasil program SKCA diatas, dia akan mengecek setiap keyword dari google keyword tadi secara otomatis. Nanti anda cukup lihat hasilnya pada kolom Keyword Rating. Untuk pemula, mungkin bisa pakai keyword yg hasilnya Amazing dan Great. Tapi jika anda cukup yakin dengan kemampuan SEO anda, tidak ada salahnya yg Good juga dipakai.
  Untuk yang bermain Google Adsense, anda perlu perhatikan kolom Commercial dan Ads Count, karena itu mengindikasikan keberadaan dan jumlah iklan adsense untuk keyword tersebut di google.
Kesimpulan:
  1. Dengan Google Keyword Tool, anda langsung mengambil list keyword dari sumber nya langsung berikut informasi jumlah pencari dan pesaingnya secara umum.
  2. SKCA akan meriset lebih dalam dari keyword yg kita generate agar bisa kita filter keyword mana saja yang mudah untuk bersaing di internet.
  3. Selanjutnya, dari hasil itu anda bisa menentukan nama domain dari keyword utama yg akan digunakan, dan hasilnya yang lain bisa dijadikan secondary keyword untuk bahan artikel di website anda nanti.
    Kelemahan dari software ini mungkin masalah proses nya yang agak lama, apalagi kalau keywordnya banyak… tapi lumayanlah, bisa ditinggal tidur kok, selamat mencoba..

2. Membuat web atau blog

      Sobat BLC tercinta, langkah selanjutnya adalah membuat website dengan blog gratisan seperti Blogspot misalnya untuk pemula. Walau butuh dana untuk beli domain dan hosting, saran saya gunakan Blogger atau wordpress.org, karena banyak profesional yang menggunakan platform ini. Yang terperting, apapun platform yg digunakan, sebisa mungkin kata kunci harus ada dinama domain atau website nya.
Contoh: kulitwajah.blogspot.com atau www.kulitwajah.com, .net atau .org Yang belum tahu tempat beli domain bisa disini GoDaddy
Untuk hosting nya bisa disini HostGator

3. Optimalisasi Website
    Sobat BLC,  langkah ini hal teknis, tapi dengan alat bantu atau biasa disebut SEO ( nantikan artikel kami mengenai Search Engine Optimizer ), anda bisa lebih mudah mengerjakannya. Hal ini perlu dilakukan supaya kualitas website kita bagus dan baik dimata search engine seperti google dan mudah masuk ke peringkat satu nya.
Gunakan dokumen ini sebagai panduan website On-Page Optimization: Download SEO Cheat Sheet.

4. Memuat artikel atau tulisan
    Sobat, memposting artikel yang berisi produk atau barang yang kita jual secara berkala sangat penting apabila kita ingin meraih pendapatan lewat internet.
kita bisa memberikan tips atau informasi yg bermanfaat bagi pengunjung website, ide tulisan bisa kita dapatkan dari list keyword yg kita hasilkan pada langkah satu. Ingat, artikel harus unik tidak duplikat dengan artikel dari website lain, apalagi copy-paste bulet2, si google panda gak doyan sama website seperti itu.

5. Membangun Backlink 

    Backlink merupakan bagian dari Off-Page Optimization dalam SEO. Backlink memegang peranan besar untuk membuat website anda ada diperingkat satu google search engine. Detail nya banyak yg harus dipelajari, termasuk pekerjaan yang butuh effort lebih besar dibanding langkah-langkah lainnya, baik dari sisi waktu, tenaga dan materi (uang).
  Metode dan sumber backlink bisa macam-macam tapi yg efektif dan efisien hanya beberapa saja, tidak cukup dari sisi kuantitas backlink saja tapi kualitas lebih baik dimata google. 
   Kalau ada yg cari sumber one way backlink, bisa coba yang ini Free Traffic System.
6. Melacak kata kunci
     Jika website kita sudah jadi dan sudah berjalan dengan melakukan ke 5 langkah diatas, maka kita bisa cek dari mana saja sumber traffic dan dengan keyword apa mereka mengunjungi website kita. Anda bisa gunakan jasa gratis seperti Histats
   Jika anda menemukan keyword lain yg menuju website anda dari histats tadi, anda bisa cek lagi dengan langkah 1 apakah main keyword itu ada value nya atau tidak trafficnya, kalau ada tinggal buat lagi artikel khusus untuk keywrod tersebut dan lakukan langkah 3 dan 5.
Kira-kira itulah langkah-langkah secara garis besar untuk menyiapkan website atau ber bisnis online dengan menggunakan website.
Kalo ada yg masih tidak tahu kenapa harus ada dihalaman pertama dan urutan pertama google? Karena disitu lebih banyak bahkan sangat banyak sumber pengunjung website (istilahnya traffic), dengan banyak nya pengunjung, semakin besar kita bisa mendapatkan peluang untuk mendapatkan income darinya. Kalo dah banyak traffic, tinggal pilih aja mau dapet duit dari mana; jual produk sendiri atau afiliasi, pasang slot iklan, jual link text, review produk dll. ;)
    Langkah-langkah diatas bisa dibilang juga sebagai langkah-langkah SEO (Search Engine Optimization), supaya website kita bisa muncul diurutan pertama dan halaman pertama pada halaman google search engine misalnya.
Dan langkah-langkah itupun sangat bisa dipakai untuk anda yang bermain produk afiliasi (amazon, clickbank, etc.) ataupun google adsense, dll.
Langkah-langkah itu baru topik utama saja dari tahap pembuatan website, masih banyak sub-sub pembahasan dari masing-masih langkah, tidak cukup hanya dengan satu artikel.
  Mudah-mudahan, tulisan diatas dapat mempermudah kita untuk memahami informasi yang banyak beredar di internet seputar bisnis online, bagian dari apa pembahasan artikel tersebut. Lebih dan kurangnya saya minta maaf.





0 komentar:

Posting Komentar