Senin, 21 Mei 2012

Merubah Blogspot menjadi CO.CC



    Sobat BLC Jepara dimana saja, kali ini kita akan belajar merubah domain blogspot sobat menjadi domain co.cc. Apabila sobat masih bingung, apa sih hosting dan domain itu ?
   Nah sobat, penjelasan sederhananya seperti ini, hosting itu ibarat rumah yang bisa diisi barang - barang lengkap, sebagai gambaran hosting kita adalah di blogger.com, nah kemarin kita taruh semua tulisan, gambar, dan seterusnya pada hosting blogger tersebut bukan......
   Sedangkan domain sendiri bisa diibaratkan sebagai tanah  tempat rumah kita tadi berada. Nah domain sendiri ini ada yang gratis adapula yang berbayar, sebagai contoh domain co.cc, web.id, tk, dan seterusnya. Adapula yang berbayar seperti .com, co.id , co , org, dan seterusnya.......
   Nah sobat kembali ke hosting dan domain tadi, apabila hosting kita pada blogger.com dan domain belum kita rubah dalam artian kita masih memakai hosting dan domain dari blog, maka orang lain bila ingin buka situs atau web kita pastinya masih menulis pakai blogspot bukan ? Sebagai contoh blc-jepara.blogspot.com. Dan apabila kita ganti dengan domain gratis sebagai contoh dari co.cc, maka alamat situs atau web kita tulisan blogspot-nya akan hilang dan berubah jadi co.cc, contohnya blcjepara.co.cc.

Masih memakai domain blogspot

domain gratis co.cc

   Pastinya sobat sudah ga' bingung lagi yach, langsung praktek....

1. Pertama kali sobat tulis co.cc di web address sobat, atau kalau bingung klik disini saja......

Tampilan web CO.CC

2. Silahkan tulis pada kolom www dengan alamat web yang sobat inginkan, sebagai contoh pada kolom dibawah ini ditulis jeparafurnitures, kemudian sobat klik check availability untuk memeriksa apakah alamat web tersebut masih tersedia alias belum  ada yang memakai...... apabila sudah ada yang memakai, coba sobat tulis alamat web lain....

cek ketersediaan

Masih tersedia alias masih nganggur alias belum ada yang memakai.....

3. Nah sobat, apabila domain yang kita tulis tadi masih tersedia, langsung saja kita daftarkan, klik saja continue to registration dan silahkan sobat mengisi form pendaftaran tersebut.

4. Apabila pendaftaran berhasil, silahkan sobat klik set up


Pendaftaran atau registrasi berhasil dilakukan


5. Kemudian sobat klik nameserver dan pada kolom tersebut diisi name servernya, sebagai contoh :
  • name server1 : ns01.000webhost.com
  • name server2 : ns02.000webhost.com, atau
  • name server1 : ns1.8rf.org
  • name server2 : s2.8rf.org, atau
  • name server1 : ns1.6te.net
  • name server2 : ns2.6te.net

kolom pengisian name server

Setelah itu sobat kik kolom set up

Klik ok

6. Kemudian sobat masuk ke zone record

    Berikut ini penjelasan singkat masing-masing field dari form pengisian zone record tersebut :
  • Host adalah nama domain kita misalnya blcjepara.co.cc.
  • TTL singkatan dari Time to Live, berkaitan dengan mekanisme transmisi paket data dari name server. Isinya bisa 1 H (jam) sampai dengan 7 D (day). Jika bingung memilih yang mana, 1 D adalah pilihan default.
  • Type menunjukkan tipe record, bisa berisi A (address) untuk entri pemetaan domain dan nomor IP, MX (mail exchange) untuk keperluan pengiriman email, NS (name server) untuk name server, CNAME untuk alias, dan TXT untuk keperluan email. Untuk pemetaan yang lengkap, kita mesti punya record-record dengan semua tipe di atas.
  • Value adalah isi record, yang isinya bergantung dari tipe record-nya. Misalnya untuk tipe record A, value-nya adalah nomor IP dari host yang dimasukkan.


  • Sobat, pilihan zone record ini tergolong tingkat lanjut. Sedikit kesalahan saja bisa menyebabkan domain kita tidak menunjuk ke server yang tepat, atau mekanisme tertentu seperti pengiriman email menjadi tidak berfungsi. Pastikan bahwa Anda sudah mengerti tentang konsep name server di atas, dan pastikan pula bahwa data-data yang diisikan sudah benar.
    Perlu diingat bahwa perubahan name server tidak akan segera terlihat secara langsung di internet, karena menunggu proses propagasi yang lamanya bisa sampai 48 jam. Jika kita membuat kesalahan dalam pengisian name server, kita baru bisa melihat efek kesalahan tersebut 48 jam kemudian. Dan setelah kita betulkan, efeknya baru akan terlihat 48 jam lagi.

7. Kemudian sobat klik URL Forwarding
    Sesuai dengan namanya, URL Forwarding berfungsi untuk mengarahkan domain co.cc ke halaman blog sobat, seperti nampak pada gambar dibawah ini,

Tampilan URL Forwarding


Set up akan berfungsi maksimal 2 X 24 jam
Fasilitas Domain co.cc kembali bisa sobat dapatkan secara gratis termasuk perpanjangan atau renewal domain tahun berikutnya.
 Mudah kan sobat.? Berkreasilah dengan situs buatan sobat sendiri.....



    0 komentar:

    Posting Komentar