Rabu, 04 Juli 2012

Install Midnight Commander (MC)



   Sobat BLC Jepara dimanapun berada, Salam hangat untuk kalian semua. Kali ini kita akan bahas mengenai penggunaan Midnight Commander (MC) . MC ini merupakan utilities under linux mempermudah mengelola file sobat. Dengan MC ini, sobat bisa mengkopi semua  file, melihat – lihat file yang tersimpan pada pc lain, termasuk juga sobat bisa ngintip data pada usb yang tertancap pada pc atau netbook target, sampai dengan delete semua file yang ada pada pc yang masuk dalam jaringan LAN sobat,  termasuk pula file yang disembunyikan (hidden file) sekalipun. Berapapun jumlah pc dan filenya, semua bisa kita kelola datanya asal sobat tahu username, password, serta IP address pc atau netbook tersebut. Dan yang paling penting, aplikasi ini gratis alias totally free.

Untuk penampakannya, silahkan sobat cermati screenshot dibawah ini,

Tampilan atau interface Midnight Commander

Nah sobat, langsung kita praktek aja...........

1. Dari menu aplikasi, pilih Accesories, kemudian klik terminal dan tulis :

# sudo apt-get update dan tunggu sampai proses update selesai
# sudo apt-get  install mc dan lakukan juga langkah ini pada pc target

2. Sampai langkah ini, Midnight Commander sudah terinstall pada pc sobat,  dari termninal silahkan tulis # mc, dan akan nampak tampilan MC berlatar biru seperti screenshot diatas ( warna bisa kita rubah ). Namun sobat belum bisa mengelola file yang ada pada pc atau netbook target kita. Untuk itu kita perlukan langkah tambahan, yakni :

# sudo apt-get install vsftpd

3. Nah sobat, untuk menggunakannya silahkan sobat cermati screenshot dibawah ini,

Pada terminal tulis # mc, sebagai pc target kita silahkan sobat pilih kolom kiri atau kanan, dan bila kiri, pilih menu Left, klik FTP link. Apabila kanan yang kita jadikan target maka pilih Right dan pilih FTP link
Kemudian masukkan username dan ip address pc target dan isi passwordnya.  Sebagai contoh format : client@192.168.254.2 dimana client menunjukkan nama pc atau netbook target, dan 192.168.254.2 adalah ip address pc tersebut. Silahkan disesuaikan dengan ip pada jaringan LAN sobat BLC Jepara
   Nah sobat BLC, manfaat dari Midnight Commander  agar memudahkan kita dalam pengelolaan data, sehingga kita menghemat waktu dan tenaga kita. Dan pesan untuk sobat gunakanlah MC ini secara bijak dan bertanggung - jawab ya.
   Salam Broadband Learning Center  Jepara.................

1 komentar:

KPLI Jepara mengatakan...

ilmu yang bermanfaat mas :)
salam kenal dari KPLI Jepara

Posting Komentar